Sekolah-sekolah yang Mengajarkan Bahasa Indonesia di Luar Negeri




Walaupun yang paling efektif merubah citra adalah merubah realitas, namun peran budaya dan bahasa Indonesia dalam diplomasi sangat krusial. Tingginya minat orang asing belajar bahasa dan budaya Indonesia harus disambut positif. Sehingga Indonesia perlu menambah Pusat Kebudayaan Indonesia di sejumlah negara, guna membangun saling pengertian dan perbaiki citra .

Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri mengemukakan Bahasa Indonesia sebagai Media Diplomasi dalam Membangun Citra Indonesia di Dunia Internasional.

Saat ini ada 45 negara yang ada mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya. Mengambil contoh Australia, di Australia bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia. Bahkan, anak-anak kelas 6 sekolah dasar ada yang bisa berbahasa Indonesia.

Keberadaan Pusat Kebudayaan Indonesia di sejumlah negara sangat membantu dan penting. Negara-negara asing gencar membangun pusat kebudayaannya, seperti Cina yang dalam tempo 2 tahun membangun lebih 100 pusat kebudayaan. Sedangkan bagi Indonesia untuk menambah dan membangun Pusat Kebudayaan terkendala anggaran dan sumber daya manusia yang andal.

Langsung saja, berikut lima kampus luar negeri yang menerapkan matkul Bahasa Indonesia, seperti dikutip Wow Menariknya dari ngehits.net.
1.      Australia
Di Australia, pelajaran Bahasa Indonesia dianggap wajib. Mulai dari sekolah menengah sampai kuliah, Bahasa Indonesia selalu ada. Salah satunya University Southern Queensland yang menerapkan program Bachelor of Arts atau Bahasa Indonesia. Di jurusan ini, mahasiswa pasti akan belajar Bahasa Indonesia dengan baik.
                         Univeristy Southern Queensland (foto: wikimedia.org)
 
2.      Korea Selatan
Jumlah penggemar musik asal Korea Selatan alias K-Pop sudah tak terhitung lagi jumlahnya di Indonesia. Namun ternyata, beberapa universitas di Negeri Ginseng itu juga menerapkan matkul Bahasa Indonesia.
Setidaknya ada 3 universitas di sana yang mewajibkan para mahasiswanya untuk belajar Bahasa Indonesia. Salah satunya adalah Hankuk University yang memiliki departemen khusus bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia.
 Hankuk University (foto: joins.com)

3.      Vietnam
Vietnam sudah tidak menganggap lagi Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang sangat asing, terutama di Kota Ho Chi Minh. Buktinya banyak universitas di Vietnam yang membuka kelas Bahasa Indonesia, di antaranya Hong Bang University dan Vietnam National University. 
Vietnam National University (foto: hacmus.edu.vn)

4.      Tokyo University of Foreign Studies, Jepang
Di universitas ini ada 26 bahasa asing yang diajarkan, salah satunya adalah Bahasa Indonesia. Selain Tokyo University of Foreign Studies, ada sekitar 20 kampus di Jepang yang juga mengajarkan matkul Bahasa Indonesia, seperti Setsunan University dan Tenri University.
 Tokyo University of Foreign Studies (foto: wikimedia.org

5.      Universitas Mohammed V, Maroko
Di Universitas Mohammed V, Maroko, Bahasa Indonesia sudah menjadi matkul pilihan sejak Oktober 2012 lalu. Universitas ini bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk membuka kelas Bahasa Indonesia. Bahkan, pengajarnya saja didatangkan langsung dari UNJ.
                           Universitas Mohammed V (foto: the-stenzels.com)



Daftar Pustaka:

Komentar