Hakikat Bahasa Bag. 2




Pengertian Bahasa
Terdapat 2 pengertian bahasa menurut KBBI (Kamus besar bahasa Indonesia) :
1.        Sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri
2.        Percakapan (perkataan) yang baik; tingkah laku yg baik; sopan santun: baik budinya, menunjukkan bangsa, budi bahasa atau perangai serta tutur kata menunjukkan sifat dan tabiat seseorang (baik buruk kelakuan menunjukkan tinggi rendah asal atau keturunan).

Hakikat Bahasa
Bahasa adalah suatu sistem lambang bunyi yang arbitrer. Dalam masyarakat, bahasa digunakan untuk mengidentifikasi diri. Selain itu, bahasa juga digunakan untuk bekerja sama dan berkomunikasi.
Sebagai sebuah sistem, dimana bahasa terbentuk oleh suatu aturan, kaidah, atau pola-pola tertentu, baik dalam bidang tata bunyi, tata bentuk kata, maupun tata kalimat. Sehingga jika aturan, kaidah, atau pola tersebut dilanggar, maka komunikasi dapat terganggu.
Lambang dalam sistem bahasa adalah bunyi, yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa lisan (ucapan) bersifat primer sedangkan bahasa tulisan bersifat sekunder.

Fungsi Bahasa
Fungsi bahasa dapat dibedakan menjadi 2, yaitu fungsi umum dan fungsi khusus.
1.        Fungsi Umum
a.         Untuk tujuan praktis, seperti mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari
b.         Untuk tujuan artistik, seperti mengelola bahasa dengan cara yang indah guna memenuhi kebutuhan estetis manusia
c.         Sebagai kunci untuk mempelajari pengetahuan lain, seperti mempelajari ilmu-ilmu tertentu
d.        Untuk tujuan filologis, seperti mempelajari naska-naska kuno.
2.         Fungsi Khusus
a.         Sebagai alat menjalankan administrasi  negara, misalnya untuk menyusun undang-undang atau surat kenegaraan
b.         Sebagaia alat pemersatu berbagai suku
c.         Sebagai wadah penampung kebudayaan.

Unsur Bahasa
Suatu bahasa setidaknya memiliki dua unsur berikut yaitu kosakata (semua kata yang dimiliki oleh suatu bahasa) dan tata bahasa (suatu himpunan kaidah atau patokan umum yang berdasarkan struktur bahasa).


Daftar Pustaka:
Prihantini, Ainia. 2015. Master Bahasa Indonesia. Pritameani: Yogyakarta

Komentar