BAGAIMANA HEWAN BERKOMUNIKASI DENGAN SESAMANYA -_-??




Komunikasi hanya berlaku untuk manusia?
Bagaimana dengan Hewan? Caranya gimana?

Komunikasi hewan merupakan bagian dari informasi  antara 2 atau lebih binatang.  Komunikasi hewan biasa dikenal sebagai Biological Communication. Serta ilmu yang mempelajari tentang komunikasi hewan ini adalah Zoosemiotics.
Fungsi dari komunikasi antar hewan adalah:
1.        Pengakuan spesies
2.        Pemilihan pasangan
3.        Serangan dan ancaman
4.        Tanda (alarm) dan  kesulitan
5.        Sinyal terkait dengan pemberian makan
6.        Koordinasi perilaku kelompok

Alat yang digunakan untuk komunikasi?
Alat komunikasi pada hewan berhubungan dengan modalitas sensorik seperti rasa, aroma, sentuhan, penglihatan (mencakup segalanya kecuali produksi dan pendeteksian medan listrik, yang khas pada beberapa spesies ikan).  Berikut merupakan beberapa alat atau saluran yang digunakan oleh hewan dalam berkomunikasi:
1.        Senyawa kimia
Zat yang digunakan sebagai sinyal dikenal sebagai pheremone. Ini disekresikan sebagai cairan dan ditransmisikan sebagai cairan atau gas. Pheremone mungkin berbau seperti gas pada jarak yang jauh, namun bisa juga beroperasi secara lokal. Perbedaan antara rasa dan bau tidak selalu jelas, terutama pada serangga, meskipun penciuman jelas merupakan rute utama untuk mendeteksi sinyal kimia pada mamalia darat. Sebuah aspek penting dari pheremones di kedua mamalia dan serangga adalah deposito mereka sebagai jalan atau penanda dalam hal ini individu yang mentransmisikan sinyal bisa jauh dari ‘si penerima sinyal’ dalam ruang dan waktu.
Contoh: ngengat ulat sutera betina mengeluarkan satu jenis bomykol: sedangkan ulat jantan sensitif terhadap hanya beberapa molekul zat ini dan mungkin tertarik dari jarak beberapa kilometer. Dalam konsentrasi yang lebih tinggi, untuk ngengat dan beberapa serangga lainnya, perilaku seksual pria penuh diajukan ke objek yang sangat ditandai dengan aroma
2.        Dengan Taktil (berkenaan dengan peraba)
Keterbatasan komunikasi dengan sentuhan adalah jarak. Bagaimanapun, ini adalah bagian interaksi pribadi dan emosional yang erat antar hewan. Memeluk, mencium, membelai dan menggigit dapat mengambil bentuk khusus dalam konteks seksual, dan mendapatkan reaksi khusus. Kontak fisik juga merupakan elemen penting dari hubungan sosial antara keturunan dan induk pada kebanyakan mamalia.
Contoh: kecenderungan anjing dan kucing domestik untuk menjilati tangan dan Wajah pemiliknya.
3.        Visual (penglihatan)
Emisi cahaya di lingkungan gelap oleh kunang-kunang, invertebrata dan ikan laut dalam lainnya memberikan contoh yang jelas tentang aktivitas yang khusus untuk tujuan komunikatif secara visual. Namun komunikasi visual secara keseluruhan berarti pengenalan dengan penglihatan di siang hari.


4.        Akustik
Banyak spesies (burung penyanyi, jangkrik) yang didengar sebagai akal harus mengkhususkan diri untuk tujuan komunikasi sosial, berlawanan dengan pencarian makanan dan penghindaran predator. Sebaliknya, di lain pihak (kelelawar dan lumba-lumba), akal akustik digunakan sebagai jalan utama untuk mendeteksi mangsa - oleh lokasi gema. Hal ini terkadang dianggap sebagai komunikasi solipsistik, namun berada di luar perspektif sosial saat ini. Banyak predator lain (kucing, burung hantu) memiliki pendengaran yang sangat berkembang yang digunakan untuk mendeteksi suara yang dihasilkan oleh mangsa. Produksi suara untuk tujuan lokasi gema akan menjadi satu jenis pengecualian terhadap peraturan umum bahwa suara hewan khas akan berevolusi karena keuntungan mereka dalam komunikasi spesies-dalam.

Isu Teoritis dalam Komunikasi Hewan
Gambaran tentang komunikasi hewan yang diberikan sejauh ini pasti mencakup beberapa asumsi teoritis yang mendasari tentang fungsi tingkah lakunya, dan keuntungan relatif dari berbagai saluran sensorik. Namun ada beberapa poin tambahan yang harus dibuat.
Namun ada beberapa point asumsi teoritis yang mendasari komunikasi hewan diantaranya:
1.        Perkembangan evolusioner
2.        Diskrit dan bertingkat Sinyal
3.        Komunikasi dan ekologi
4.        Hambatan yang diwariskan dan universal
5.        Evolusi bahasa manusia.



      Daftar Pustaka:
Walker, S.F. 1998. ‘Animal Communication' in Mey J.L. Concise Encyclopedia of Pragmatics. Elsevier: Amsterdam. Hal: 26-35.

Komentar